Advertisement!

“Cara Mengembalikan Foto yang Sudah Terhapus dengan Tips Praktis”

Posted on
Advertisement!

Cara Mengembalikan Foto Yang Sudah TerhapusSource: bing.com

1. Menggunakan Trash atau Tempat Sampah

Trash Atau Tempat SampahSource: bing.com

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa Trash atau Tempat Sampah pada perangkat Anda. Terkadang, saat Anda menghapus foto, file tersebut tidak langsung dihapus secara permanen, melainkan dipindahkan ke folder Trash atau Tempat Sampah. Jadi, pastikan Anda memeriksa folder ini terlebih dahulu sebelum mencoba langkah lain.

2. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Aplikasi Pemulihan DataSource: bing.com

Jika Anda tidak menemukan foto yang dihapus di Trash atau Tempat Sampah, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada banyak aplikasi yang tersedia di internet yang dapat membantu Anda mengembalikan foto yang terhapus secara tidak sengaja. Beberapa aplikasi yang populer adalah EaseUS Data Recovery Wizard, Recuva, dan DiskDigger. Pastikan Anda mengunduh dan menggunakan aplikasi yang terpercaya agar data Anda tetap aman.

3. Menggunakan Layanan Cloud

Layanan CloudSource: bing.com

Advertisement!

Jika Anda menggunakan layanan cloud seperti Google Photos, Dropbox, atau iCloud, ada kemungkinan foto yang sudah terhapus masih dapat ditemukan di sana. Coba periksa folder Recycle Bin atau Trash pada layanan cloud tersebut. Beberapa layanan cloud juga memiliki fitur pemulihan data yang dapat membantu Anda mengembalikan foto yang terhapus. Pastikan Anda memeriksa pengaturan dan fitur-fitur yang tersedia pada layanan cloud yang Anda gunakan.

4. Memulihkan dari Backup

Memulihkan Dari BackupSource: bing.com

Jika Anda memiliki kebiasaan melakukan backup secara teratur, kemungkinan besar Anda dapat mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah. Cek perangkat lain seperti komputer, hard drive eksternal, atau media penyimpanan lainnya yang Anda gunakan untuk melakukan backup. Jika foto tersebut ada dalam backup Anda, Anda dapat dengan mudah mengembalikannya ke perangkat utama Anda.

5. Menggunakan Software Recovery khusus

Software Recovery KhususSource: bing.com

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan software recovery khusus. Software ini biasanya berbayar, tetapi memiliki kemampuan yang lebih canggih dalam mengembalikan data yang terhapus. Beberapa software recovery terbaik yang dapat Anda coba adalah Wondershare Recoverit, Stellar Data Recovery, dan MiniTool Power Data Recovery. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Langkah Pencegahan di Masa Depan

Langkah Pencegahan Di Masa DepanSource: bing.com

Setelah Anda berhasil mengembalikan foto yang terhapus, penting bagi Anda untuk mengambil langkah pencegahan di masa depan agar tidak kehilangan data berharga lagi. Pastikan Anda selalu melakukan backup secara teratur. Anda juga dapat menggunakan aplikasi atau software pihak ketiga untuk secara otomatis melakukan backup data Anda. Selain itu, hindari menghapus atau mengedit file dengan sembarangan dan perhatikan tindakan Anda saat menggunakan perangkat elektronik. Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan ini, Anda dapat menghindari kehilangan data di masa depan.

Related video of Cara Mengembalikan Foto yang Sudah Terhapus dengan Tips Praktis

Advertisement!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *