Advertisement!

Tata Cara Shalat Istikharah dengan Menunaikan Shalat Sunnah Ikhlas untuk Meminta Petunjuk Allah.

Posted on
Advertisement!

Gambar Tata Cara Shalat IstikharahSource: bing.com

Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita dihadapkan pada berbagai pilihan yang sulit. Terkadang, kita merasa bingung dan tidak tahu arah yang harus diambil. Ketika menghadapi situasi seperti ini, salah satu cara yang dianjurkan oleh agama Islam adalah dengan melakukan shalat istikharah. Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT dalam mengambil keputusan penting.

Gambar Shalat IstikharahSource: bing.com

Apa itu Shalat Istikharah?

Shalat istikharah merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Kata “istikharah” berasal dari bahasa Arab yang artinya adalah memohon petunjuk kepada Allah. Dalam shalat istikharah, kita memohon kepada Allah agar Dia memberikan petunjuk yang terbaik untuk kita dalam mengambil keputusan.

Shalat istikharah bukanlah shalat wajib, melainkan shalat sunnah. Namun, penting bagi kita untuk melaksanakannya ketika ada keputusan yang sulit atau penting untuk diambil. Dengan melaksanakan shalat istikharah, kita menyerahkan segala urusan kepada Allah dan meminta petunjuk-Nya.

Tata Cara Melakukan Shalat Istikharah

Gambar Tata Cara Melakukan Shalat IstikharahSource: bing.com

Advertisement!

Berikut adalah tata cara melaksanakan shalat istikharah:

1. Niat

Sebelum memulai shalat istikharah, kita harus berniat dalam hati bahwa kita akan melakukan shalat istikharah untuk meminta petunjuk kepada Allah dalam mengambil keputusan tertentu.

2. Wudhu

Setelah berniat, kita harus melakukan wudhu atau bersuci seperti biasa sebelum shalat. Pastikan kita membersihkan diri dengan sempurna agar ibadah kita diterima oleh Allah.

3. Shalat Sunnah Ikhlas

Setelah melakukan wudhu, kita melaksanakan shalat sunnah ikhlas sebanyak dua rakaat. Shalat sunnah ikhlas adalah shalat sunnah yang dilakukan dengan niat ikhlas semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon petunjuk-Nya.

4. Doa Istikharah

Setelah menyelesaikan shalat sunnah ikhlas, kita membaca doa istikharah. Doa istikharah adalah doa khusus yang kita bacakan untuk memohon petunjuk Allah dalam mengambil keputusan tertentu. Doa ini bisa dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia.

Gambar Doa IstikharahSource: bing.com

Contoh doa istikharah:

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as’aluka min fadlika al-‘azhim, fa innaka taqdiru wa la aqdiru, wa ta’lamu wa la a’lamu, wa anta ‘allamu al-ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadhal-amra khayrun li fi dini wa ma’ashi wa ‘aqibati amri, faqdirhu li wa yassirhu li thumma barik li fihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadhal-amra sharrun li fi dini wa ma’ashi wa ‘aqibati amri, fasrifhu anni wa srifni anhu waqdir li al-khayra haithu kana thumma ardini bihi.”

5. Tawakkal

Setelah membaca doa istikharah, kita harus tawakkal kepada Allah dan yakin bahwa Dia akan memberikan petunjuk yang terbaik bagi kita. Kita harus meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui segala sesuatu dan Dia akan memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya yang ikhlas.

6. Mengambil Keputusan

Setelah melaksanakan shalat istikharah dan membaca doa istikharah, kita harus mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan hati dan akal sehat. Kita harus memikirkan dengan bijak konsekuensi dan dampak dari keputusan yang akan diambil.

Gambar Mengambil KeputusanSource: bing.com

Keutamaan Shalat Istikharah

Shalat istikharah memiliki banyak keutamaan bagi seorang muslim. Beberapa keutamaan shalat istikharah antara lain:

1. Mendapatkan Petunjuk Allah

Dengan melaksanakan shalat istikharah, kita memohon petunjuk kepada Allah SWT. Allah adalah Dzat yang Maha Mengetahui segala sesuatu dan Dia akan memberikan petunjuk yang terbaik bagi hamba-Nya yang ikhlas.

2. Meningkatkan Ketaqwaan

Shalat istikharah adalah salah satu bentuk ibadah kepada Allah yang akan meningkatkan ketaqwaan kita. Dengan melaksanakan shalat istikharah, kita menunjukkan ketergantungan dan kepatuhan kita kepada Allah dalam mengambil keputusan penting.

3. Menjaga dari Kesalahan

Shalat istikharah juga dapat menjaga kita dari kesalahan atau penyesalan di masa depan. Dengan meminta petunjuk Allah sebelum mengambil keputusan, kita menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

Kesimpulan

Dalam kehidupan ini, seringkali kita dihadapkan pada berbagai pilihan dan keputusan penting. Dalam menghadapi situasi seperti ini, shalat istikharah adalah salah satu cara yang dianjurkan oleh agama Islam untuk meminta petunjuk Allah SWT. Dengan menunaikan shalat istikharah dan melaksanakan shalat sunnah ikhlas, kita menyerahkan segala urusan kepada Allah dan memohon petunjuk-Nya.

Shalat istikharah bukanlah jaminan bahwa segala keputusan akan selalu sempurna, namun dengan berdoa dan meminta petunjuk kepada Allah, kita akan mendapatkan kekuatan dan ketenangan dalam menghadapi berbagai situasi hidup. Mari selalu memohon petunjuk Allah dalam setiap langkah hidup kita.

Related video of Tata Cara Shalat Istikharah dengan Menunaikan Shalat Sunnah Ikhlas untuk Meminta Petunjuk Allah

Advertisement!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *